yang Mahasiswa, yang Mencontek


"Tukang nyontek itu maling!," tegas Drs. mohd. Hussein Nawawi, M.Si selaku dosen pembimbing acara Gebrak Fikom saat ditanya mengenai kecurangan akademik yang kerap dilakukan mahasiswa. Gebrak Fikom (Gerakan Berantas Kecurangan Akademik Fakultas Ilmu Komunikasi) adalah suatu rangkaian acara yang dibuat oleh mahasiswa Manajemen Komunikasi 2008 Fikom Unpad pada 25-27 Maret 2010 dengan tema "Basmi Malaplatek (manipulasi paraf, plagiarisme, dan tindak mencontek!)".

Menurut Hussein Nawawi, tindakan kecurangan ini telah menjadi kebiasaan mahasiswa. "Padahal dengan kejujuran, kita memiliki kebanggan dan harga diri yang lebih dibandingkan mengerjakan tugas dengan curang,"tambahnya. Lanjut beliau, belum ada peraturan khusus dan tegas di kampus mengenai kecurangan akademik. Padahal, hal itu sangat penting untuk meminimalisir hingga menghilangkan "kebiasaan buruk" mahasiswa tersebut. Sadar atau tidak, sebagai mahasiswa kita kerap melakukan kecurangan akademik yang seringkali dianggap lumrah. Menitip absen, misalnya, yang kita anggap biasa ternyata termasuk dalam kecurangan akademik yang tentu saja bukan hal yang baik untuk diteruskan. Berdasarkan riset yang dilakukan tim panitia Gebrak Fikom, ditemukan sejumlah fakta bahwa sebanyak 57 dari 100 mahasiswa mencontek dalam UAS, dua dari sepuluh mahasiswa yang mencontek berhasil luput dari perhatian dosen dan pengawas ujian, dan 57 dari 100 mahasiswa memalsukan kehadirannya saat perkuliahan.

3 hari rangkaian acara Gebrak Fikom diisi dengan berbagai kegiatan, seperti Deklarasi Anti Malaplatek, Seminar, Teater, hingga pertunjukan musik. "Acara akan membosankan dan datar jika hanya diisi dengan seminar, maka dari itu kami juga menyuguhkan pertunjukan seni," ujar Rendy, Ketua Panita Gebrak Fikom. Saat ditanya "kebersihan" panitia dari kecurangan akademik Rendy menjawab,"Kami tidak munafik kalau diantara kami masih ada seperti itu. Tapi disini kami punya tujuan bahwa hal itu harus diubah."

KEYKO RANTI RAMADHANI
210110080234

posted under |

3 komentar:

Unknown mengatakan...

horeee acara oriiin ituuu .
thank youuuu sudah dimuaaaatttt . XD

Unknown mengatakan...

hmmmmm......nyontek itu dosa...tp kerja sama kan bukan nyontek..:D

hanifa rahmah mengatakan...

susah sih yaa kayanya kalo bener2 mau bikin bersih dari kecurangan2 akademik kaya yg dibahas di atas. Soalnya bisa dibilang udah mendarah daging gtu, hehehe. udah jd tradisi.
Coba untuk mulai dari diri sendiri dulu aja, pelan-pelan, dari hal kecil, semoga seiring dengan berjalannya waktu dengan tekad yang kuat kita semua bisa jd lbh baik.aamiiiinnnnn

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers


Recent Comments