mahasiswa, seperti apa itu ?


MAHAsiswa , Maha artinya BESAR, siswa ya siswa. Berarti Mahasiswa artinya siswa yangm besar. Hehe. Itu adalah kata - kata yang sering dilontarkan salah seorang dosen saya waktu semester awal dulu. Maha di sini banyak maksudnya. bukan hanya fisik saja yang besar, melainkan "isi" dari siswa tersebut juga. Tapi, apa dan bagaimana sih sebenarnya mahasiswa itu?
Tampak secara global kehidupan mahasiswa tidak jauh berbeda dengan kehidupan anak-anak SMA. Pergi kuliah, lalu mencatat apa saja yang keluar dari mulut dosen lengkap dengan titik komanya. Kegiatan yang paling digemari bila kuliah usai duduk berkelompok, hm, bukan untuk membicarakan tugas atau apa saja yang berhubungan dengan perkuliahan, melainkan saling berkelakar ataupun gosip.Kegiatan mereka yang paling umum di tempat kost adalah bermain domino atau lain sebagainya sambil tertawa terbahak bahak, tidur sambil mendengar kaset atau ngumpul-ngumpul untuk berbagi gosip tentang acara televisi, tentang kasus pejabat yang korupsi sampai kepada gosip bagaimana menaklukkan hati pacar.
lalu, khususnya untuk mahasiswa wanita, seperti apa mereka? kaum wanita biasanya ngumpul-ngumpul membicarakan tentang fashion dan lingkungan sekitar, dan tetap, menggosip tidaklah ketinggalan.

Kemudian bila diadakan tentamen, musim ujian, pada saat itu barulah mereka kasak kusuk. Melengkapi catatan, membuat jimat ala anak SMA sampai mencari sopir pada waktu ujian berlangsung.

Dari sekian banyak mahasiswa yang santai atau ada juga mahasiswa yang serius dalam menghadapi kuliah. Mereka tekun menghadapi buku catatan, banyak mengurung diri dari pergaulan. Dalam menghadapi tentamen, mereka sengaja menahan kantuk pada malam hari untuk dapat menghafal semua isi catatan. Memang belajar dengan cara menghafal telah membuat mereka sukses dan mampu. membuat mereka memperoleh, indeks prestasi tiga koma sampai indeks prestasi empat. Tetapi apakah mereka dapat dikatakan sebagai mahasiswa yang, intelektual?





Terlalu serius dalam menjalani masa kuliahpun bukan hal yang bagus untuk dijalani.
Tantri,salah satu mahasiswa ITS berujar,"Mahasiswa itu masa transisi dr SMA ke real world.Jadi kalo di masa itu salah konsep dan pemikiran,ya bakal rusak seumur hidup.,
Klo aku jalanin jadi mahasiswa have fun lah.Have funku itu ya seimbang antar kuliah,organisasi,pacaran,jalan-jalan.
Kuliah oke,organisasi oke,pacaran oke,tapi masih sempet jalan2 jg.Menurutku kalau dengan santai ngejalaninnya,kuliah jauh lebih lancar"


source :

http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=5126


foto :
http://tell.fll.purdue.edu/JapanProj/FLClipart/Verbs/read.gif
http://indosdm.com/wp-content/uploads/2009/04/prestasi.jpg


HERNILA DYAH KUSUMASTUTI / 210110080263

posted under |

14 komentar:

pip mengatakan...

mereka yang disebut sebagai obyek yang membosankan adalah mereka yang di cari setelah hari kelulusan seorang mahasiswa, dengan IP yang mumpuni tentunya. .

Mahasiswa intelektual, hanya segelintir pemuda cerdas yang rata2 gagal dalam Indeks Prestasi mereka, bukan karena mereka bodoh, akan tetapi mereka cenderung tak menyukai gaya gaya monoton dalam pembelajaran mata kuliah yang mereka dalami.
Ngomong, Catet, Ngomong, Catet, Ngomong, BERAK . . . .

chandika mengatakan...

satu hal yang ketinggalan,,mahasiswa tu modis2 lo,,he2
ada yang mode gaul, mode tajir, mode jadul, mode muslim, mode dewe,,enjoy aja jadi mahasiswa,,yang penting kita ga merugikan orang lain.
Jadi mahasiswa yang baik aja.

Unknown mengatakan...

ada juga tipe mahasiswa yg tidak belajar baik pada waktu perkuliahan MAUPUN menjelang UAS (uhuk..saya..uhuk...)...dan anehnya.......nilainya tetep bagus :D

Perempuan Punya Berita mengatakan...

ada juga mahasiswa yang anomali. Hehehe, tidak semua ada stereotype, kan? :-P

Teman Lama mengatakan...

Paragraf awal kayaknya terlalu subjective deh Nil.
yang dimaksut secara global itu apa?
Umumnya, Mahasiswa kan jauh lebih implementatif ke dunia nyata dari pada anak SMA.
bermain domino bla..bla..blaa..berapa persen Mahasiswa Indonesia yang punya kegiatan seperti itu.

kalau paragraf akhir2...oks banget cuuyy..

anakepuh mengatakan...

kondisi mahasiswa tersebut tidak lebih dari warisan dari apa yang didapat pada strata pendidikan yang sebelumnya...
but, nice article...

Daily Post mengatakan...

mahasiswa itu memang beraneka ragam,bisa juga dikarenakan dari tempat asal mereka tinggal sebelum kuliah. Artikel di atas saya dapat setelah bertanya-tanya kepada beberapa mahasiswa dan browsing dari internet sebagai pendukung. Yang pasti,bgaimanapun kita sbg mahasiswa,semoga kita bisa menjadi penerus bangsa yang baik,xp

Unknown mengatakan...

bedasarkan pengalaman saya disaat kuliah selama ini, mahasiswa dapat digolongkan dalam 3 tipe
1.tipe apatis dengan ciri2 cuek terhadap masalah2 yang ada dikampus,taunya cuman kupu kupu(kuliah pulang)..maen ma temen,ujian..gt doank
2.tipe aktivis ciri2 suka demo yang katanya demi kelangsungan mahasiswa,demi kelangsungan hidup kampus dan sukanya kura - kura(kuliah rapat)..kadang2 malah rapat doank,kuliahnya ngga...
3.tipe idealis dimana mahasiswa tersebut berada di tengah2 kedua tipe diatas(maen iya,rapat iya,kuliah iya)...tipe saya

dan yg km terangin tadi menurutku cuman tipe apatis nil...coba lebih baek lagi

Winda yulistiana mengatakan...

Senior saya perna bilang, kalo mahasiswa tu ada 2 tipe....
* Kupu-kupu->Kulia pulang-Kulia Pulang
* Kura-Kura->Kulia Rapat-Kulia Rapat...hha

Anonim mengatakan...

didang mengatakan

kuliah tu ky pny beban, klo ga lulus2 gmna? kasian ortu ,,
tp klo uda mo lulus juga bgg abis kuliah mo kerja dmana. .
zzzz jd kpikiran jd usahawan aja, ,hehehe
(amiiin)

Miss Mong mengatakan...

: kuliah itu kerjaannya ( kalo aku-red ). akademik iya, organisasi iya, hepi2nya iyaa.hehe...
*maksudnye biar balance gitu*

Cinematography and Us mengatakan...

kalau ada yg bilang masa sma masa yg paling indah, masa kuliah tentu akan jauh lebih indah kalau kita bisa memanage dgn baik :)

Anonim mengatakan...

sebetulnya walaupun jadi mahasiswa itu terlihat bisa lebih santai. pernyataan itu saya anggap salah karena itu hanya dilihat dari kegiatan mahasiswa yang ada pada tulisan di atas padahal dalam kenyataannya kehidupan mahasiswa itu sangatlah rumit (curhat) karena butuh pengaturan waktu yang tepat agar semuanya menjadi seimbang. kehidupan di luar dan kehidupan di kampus dapat berjalan dengan lancar.
(Ruby Respati)

Daily Post mengatakan...

oleh karena itulah ada kata "global", maksudnya secara umum, berarti ada yang khususnya juga, dan memang benar menurut Anda, bahwa ada kehidupan mahasiswa yanmg rumit, bahkan sangat rumit, ;))
terima kasih saran dan kritik yang membangun ;)

Posting Komentar

Posting Lama Beranda

Followers


Recent Comments