High Heels, yes or a BIG no?

by: KEYKO RANTI RAMADHANI / 210110080234




Wanita mana yang tidak tergoda dengan pesona yang ditawarkan oleh high heels. Dengan menggunakan high heels, tidak perlu operasi plastik—simsalabim abrakadabra—pemakainya secara instan akan mendapatkan kaki yang panjang dan jenjang serta bentuk bokong yang indah karena tertarik keatas. Keuntungan lain tentu saja pemakai akan terlihat lebih tinggi. High heels tersedia dengan ukran tinggi hak yang bervariasi dari 5cm hingga yang paling fantastis—15cm!

Saat ini ternyata tak hanya remaja atau wanita dewasa yang menjadi pemakai setia high heels. Banyak anak kecil yang sudah mulai memakai high heels kemana-mana. Suri cruise adalah contoh anak kecil yang gemar memakai high heels sejak kecil.

Suri Cruise, little fashionista.

Celebrities. high heels everywhen, everywhere.

Namun, dibalik pesona dan keindahan yang ditawarkan, high heels menyimpan banyak kekurangan yang ternyata berbahaya bagi pemakainya. Berikut adalah bagian-bagian tubuh yang menjadi sasaran korban pemakaian high heels:

Lutut
Postur yang dihasilkan saat berjalan dengan high heels menambah paksaan pada bagian belakang lutut, daerah umum dari osteoarthritis di antara wanita. Menurut sebuah studi, tekanan sendi lutut meningkat sebanyak 26 persen ketika wanita mengenakan high heels.

Postur
High heels mendorong pusat massa pada tubuh ke depan, membuat pinggul dan tulang belakang tidak lagi sejajar. Dari samping, tubuh akan terlihat melengkung.

Tekanan
High heels mungkin saja membuat kaki tampak lebih jenjang. Namun, semakin tinggi hak sepatu Anda, semakin tinggi pula tekanan pada kaki bagian depan (pada jari-jari). Saat Anda mengenakan sepatu berhak 2,5 cm, tekanan akan bertambah 22 persen, sedangkan sepatu berhak 7,5 cm akan menambah tekanan sebanyak 76 persen. Bayangkan tekanan yang dihasilkan jika Anda memakai high heels dengan hak lebih dari 10 cm!

Betis
Otot betis berkontraksi dan menyesuaikan sudut dari
high heels. Akibatnya, otot menjadi lebih pendek dan tegang.

Tumor jinak
Tinggi hak sepatu dan bagian depan sepatu yang sempit dapat menimbulkan penebalan jaringan saraf antara jari ketiga dan keempat, yang dapat menimbulkan rasa sakit dan mati rasa pada jari.

Achilles tendon
Ketika bagian depan kaki bergerak ke bawah sesuai arah haknya, urat keting akan menegang. Semakin tinggi haknya, semakin pendek uratnya, menciptakan sakit pada tumit.


Bahaya lainnya yang ditimbulkan oleh pemakaian high heels dalam waktu panjang:

1. Kaki akan mudah cedera, terutama bagian ankle

2. Otot kaki bagian bawah tidak akan bekerja maksimal

3. Peredaran darah tidak akan lancar dan terhambat di beberapa tempat

4. Otot lebih mudah cedera dan berkumpul pada suatu tempat karena aliran darah yang tidak lancar

5. Mengenakan high heels membuat badan cenderung condong kedepan, ini menyebabkan perlahan, tapi pasti tulang punggung anda tidak akan tegak dan lurus, namun condong ke depan.

6. Tekanan pada jari-jari kaki lebih besar, sehingga pada umumnya jari kaki akan berbengkok, bentuknya tidak lagi alami seperti biasanya.

7. Beberapa peneliti menyebutkan bahwa high heels mampu memengaruhi ketidak lancaran sistem urogenital. mereka yang mengenakan high heels, sistem pembuangannya tidak lancar, sulit membuang air besar maupun kecil.

8. Mempengaruhi bentuk tulang dan tubuh.

9. Mempengaruhi kesuburan dan hasrat seksual.

Dibalik keuntungan yang ditawarkan, ternyata high heels memiliki deretan panjang daftar kerugiannya. Tak semua orang memakai high heels karena hobi. Ada pula yang memakai high heels karena tuntutan profesi ataupun memakainya dalam event-event penting tertentu. Ladies, dibawah ini ada beberapa tips dalam memilih high heels yang nyaman dan tentu saja meminimalisir gangguan kesehatan:

1. Ukuran
Pilih ukuran sepatu hak tinggi yang benar-benar pas dengan kaki Anda. Bila kesempitan akan melukai kaki Anda, sedangkan Bila kelonggaran akan menyengsarakan kaki Anda juga. Bila kebesaran kaki Anda akan merosot terlalu ke depan, dan meninggalkan bagian tumit longgar, sehingga Anda seperti bertumpu di bagian depan kaki dan menimbulkan tekanan di jari kaki Anda. Pilih sepatu yang merengkuh bagian tumit Anda.

2. Bantalan
Jika Anda menghadiri acara yang mengharuskan Anda berdiri terlalu lama dan harus banyak berjalan, pasti sering merasakan tumit Anda panas dan lecet. Biasanya diakibatkan oleh sepatu yang tak cukup bantalannya. Tambahkan bantalan untuk sepatu Anda yang terbuat dari silikon seperti gel yang mampu menyerap benturan dan getaran, yang banyak beredar di pasaran.

3. Hak tebal
Pilih hak sepatu yang lebih tebal (wedge) agar dapat memberikan keseimbangan lebih baik. Beban berat dari tubuh Anda akan tersebar dan tak bertumpu pada satu titik sempit saja.

4. Kelandaian
Setiap sepatu mempunyai tingkat kelandaian yang berbeda dari sepatu lainnya. Panjang sepatu yang berbeda bisa mempengaruhi rasa sakit di telapak kaki. Kaki Anda harus mengikuti kelandaian sepatu apakah harus menekuk atau tidak.


One thing for sure ladies, beauty is pain. Choose and use fashion wisely.



posted under |

13 komentar:

Click Galerie mengatakan...

wah ternyata banyak juga ya bahaya dari high heels. padahal gw suka banget..
nice info.. :D

Anonim mengatakan...

aduh gimana ini? ternyata banyak rugi nya yah...dilema euy..secara high heels tuntutan profesi dan sangat menunjang penampilan saia yang imut2 :) apakah ada solusi yg praktis seandai nya berlama lama memakai high heels agar tidak terlalu beresiko?

Sybil mengatakan...

makasih ya info nya, jadi tau lebih rinci gw :D

gw jarang banget pake high heel. cuma waktu kemaren gw osjur dan harus pake high heel. emang bener pake high heel yang ada bantalnya bantu banget buat ngurangin sakit. yang gw pake waktu itu high heel yang emang ada bantal dalemnya.

tapi coy, high heel emang bahaya banget lebih bahaya lagi kalo beli yang ecek-ecek.

GREAT POST !

Re In Here mengatakan...

para wanita sekarang seneng banget sama High Heels yang lancip2..

padahal bahaya banget ya. Mending pilih high heels yang tebal deh walau dibilang jadul..:D..

produsen sepatu harus baca info ini juga biar tau.:D

Anonim mengatakan...

menurut aku sih high heels bisa menunjang penampilan..wanita yang memakainya terlihat lebih anggun dan cantik...
namun menurut saya banyak negativnya jika pake high heels, contohnya bisa bikin betis tegang karena urat2 nya ketarik,, gak baik juga bagi peredaran darah. tapi negativnya terlihat lebih formal jika dipake ke acara resmi ato kerja kantoran.
kalo pun mau pake high heels mending pilih yang tebel biar nyaman.
intinya sih sebagai mahasiswa "say no"

hanifa rahmah mengatakan...

wah baru tau ternyata bahayanya banyak juga yaaaaaa?? Selama ini taunya hi-heels cuma bikin kaki pegel luar biasa, padahal kan hi-heels salah satu must have itemnya cewe-cewe, buat menunjang penampilan, meskipun ga buat dipake ke kampus juga, saat2 tertentu kan hi-heels nolong bgt eh tapi ternyata serem ah bahayanyaa. makasii infonya keykooo.

jennifer mengatakan...

wah makasii infonyaa :)

kalo dari yang aku dapet,
yaa bijak2 aja buad kita2 yang doyan pake high heels..
asal gag tiap hari, toh gag akan terlalu berbahaya..

Anonim mengatakan...

untuk memiliki penampilan yang baik dan cantik itu nggak harus pakai hi-heels kok :) kalau menurut aku, nggak semua cewe juga keliatan cantik kalo pake heels. tergantung postur tubuh dan penampilannya. okey, goodlooking emang kalo pakai heels pas event "wah" tapi kan heels nggak sering dipake juga buat kehidupan kita sehari-hari. kalau sekarang kita semua udah tau banyak banget dampak buruknya ya mulai dikurangi. lebih sayang sama kaki kita dong daripada 'gimana pandangan orang lain kalo kita pake heels' hehe nice info, terima kasih ya keyko :D

Perempuan Punya Berita mengatakan...

kalo sekali-sekali aja boleh kali ya, asal ga setiap saat setiap waktu. aduuh suriii,,kecil-kecil pake heels T.T

zoom.in mengatakan...

haduhh.. paling males klo pake high heel , pegel :)

Miss Mong mengatakan...

: wew.. no no no...
saya pernah keseleo gara2 pake high heels..

imagetabble mengatakan...

nice posting!
bener banget, jangan keseringan aja makenya.

hernila mengatakan...

sepertinya aku agak bersyukur karena gak hobi pake heels ;p
anw, sayang banget tuh Suri Cruise masih bocah udah pake heels aja -.-a

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Followers


Recent Comments