Lost No More with MAPTOR

KEYKO RANTI RAMADHANI
210110080234





Apa yang anda bawa saat sedang bebepergian ke tempat yang belum anda kenal? Buku peta yang tebal atau map yang jika dibentangkan lebih lebar dari taplak meja? Jika salah satu atau bahkan kedua opsi tersebut adalah jawaban anda, berarti anda perlu meningkatkan kepekaan terhadap perkembangan zaman. Pernahkah anda mendengar kata GPS? Ya, GPS atau Global Positioning System adalah sistem satelit navigasi dan penentuan posisi yang didesain untuk memberikan posisi dan kecepatan tiga-dimensi serta informasi mengenai waktu, secara kontinyu diseluruh dunia bagi banyak orang secara simultan.

Beberapa tahun belakangan ini, karena kebutuhan manusia akan navigasi yang cepat, mudah, dan simpel, GPS makin diminati. Gadget seperti handphone beberapa telah melengkapi diri dengan akses GPS. Namun, layar handphone yang kurang lebar membuatnya kurang nyaman sebagai peta. Oleh karena itu, muncullah terobosan baru dalam gadget yang berfungsi sebagai navigator, MAPTOR (Map + Projector). Seperti namanya, gadget ini memadukan unsur map dan proyektor. Maptor memiliki GPS yang mampu menunjukkan pengguna mengenai lokasi mereka saat itu dalam tampilan peta konvensional sistem GPS. Menariknya, Maptor dapat memproyeksikan peta dan data lokasi dalam tampilan layar besar pada berbagai macam permukaan; dinding, lantai, bahkan telapak tangan. Dengan gadget berukuran kecil dan handy, anda dapat mendapatkan info navigasi dengan lebih nyaman dan dimana saja. Sebagai nilai plusnya, Maptor terbuat dari plastk biodegradable PLA (Polylactic Asam) yang ramah lingkungan.

Cara kerja gadget ini terbilang cukup mudah. Anda cukup mengunduh peta ke dalam gadget ini (bisa melalui bluetooth) dan anda dapat memproyeksikan peta yang juga dengan tepat menemukan lokasi dimana anda saat itu juga.


Dampak
Pada suatu teknologi, pasti akan ditemukan berbagai dampak atas kehadirannya. Dampak yang dapat ditemukan dari Maptor ini ialah memudahkan pengguna dalam navigasi yang cepat, mudah, nyaman dan akurat. Desainnya yang minimalis dan handy membuat Matrop menjadi gadget yang mudah digunakan kapan saja dan dimana saja, tentunya bagi anda yang senang bepergian. Teknologi digital map seperti ini juga dapat membantu mengurangi pemakaian kertas (yang dapat kita temui dalam map, peta, dan sebagainya). Sedangkan kekurangannya adalah gadget ini belum teruji ketahanan baterainya. Serta sedikit banyak dapat mengurangi pendapatan produsen dan penjual peta/map manual.

3 perubahan komunikasi setelah ditemukannya teknologi (Everett Rogers) :
1. Interactivity
Pengguna Maptor termasuk dalam user-to-machine interactivity. Sistem GPS yang memberi informasi navigasi kepada pengguna secara tepat dapat menunjukkan lokasi pengguna saat itu.
2. Demassified
Dilihat dari bentuk dan kegunaannya, Maptor adalah sebuah gadget personal yang memiliki potensi nantinya menjadi salah satu must-have-item di kalangan masyarakat.
3. Asynchronous
Informasi mengenai lokasi pengguna tentu tidak diberikan secara serempak kepada pengguna. Pengguna memiliki kekuasaan terhadap kapan dan informasi navigasi seperti apa yang ingin mereka dapatkan.









Referensi:
http://www.mydigitallife.info/2009/08/26/maptor-integrates-gps-and-projector-capability-into-single-device-for-travelers/id/
http://www.yankodesign.com/2009/08/24/getting-lost-is-not-so-trendy/

posted under |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Beranda

Followers


Recent Comments